Brainware
Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer
atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware
komputer maupun software
komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware
dan software yang canggih sekalipun dapat
dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan
tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
A. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian,
perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak
dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau
perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam
proses pengembangan sistem.
Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat
keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi
dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst
untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut
akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis
penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst
untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang
system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman,
sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan
membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko,
dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam
berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer,
administrator dan profesi sistem lainnya.
B. Programmer
Programmer adalah
seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa
pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan
sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada
sistem komputerisasi yang akan dirancang.
C. Administrator
Administrator adalah
seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang
berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
D. Operator
Operator adalah pengguna
biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya
dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
4 tingkatan di atas merupakan
brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT
masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic
Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda
ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.
Hardware komputer
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya,
atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya
perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut
dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu
sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk
suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan
tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen
komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit
masukan)
2. Process device (unit
Pemrosesan)
3. Output device (unit
keluaran)
4. Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit
tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan
storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section),
Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri
dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory
terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan
komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick,
yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer.
Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya
dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam
komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input
dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam
sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan
untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung,
yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak
langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh
alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti
yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya
ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian
yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang
sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini
biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark
Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar
jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah.
Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan
oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak
kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera
biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori
kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer
ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon,
kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita
inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan,
rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads
yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Unit
pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central
Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu
sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam
CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic
uinit dan control
unit.
1. Primary
storage adalah ukuran besarnya processor
atau biasa disebut dengan main memory.
2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan
perhitungan dalam komputer
3. Control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang
berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data,
waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit
juga bertugas memberitahukan
kepada arthmatic logic unit
mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil
ditempatkan
Perangkat-perangkat alat proses
berserta perlengkapan, yaitu sebagai berikut :
a. Casing
Casing adalah kotak pembungkus perangkat
keras (hardware) didalam
CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
b. Power
supplay
Power
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit
tambahan).
c.
Motherboard
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui di pasaran saat ini adalah motherboard milik PC
yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC
IBM.
d. Processor
Processor
adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian
berbagai perangkat komputer.
e. Memory
Memory
adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan
informasi. Semakin besar kapasitas memory
yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut
ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga
yang paling lambat.
1. Register
2. Cache memory
3. Disk cache
4. Magnetic disk
5. Optikal disk
Selain
berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut
disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
1. Tipe register
harga paling mahal dan tipe optical disk
harganya paling murah.
2. Tipe register kapasitasnya
paling besar dan tipe optical disk
kapasitasnya paling kecil.
3. Tipe register frekuensi
pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk
frekuensi pengaksesannya paling rendah.
Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit.
1 byte = 1 huruf
1 Kilo Byte (KB) = 1 x 1024 byte
1 Mega Byte = 1024 KB
Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai
berikut.
1. Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat
komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah.
Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai
sendiri.
2.Random Access Memory (RAM)
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama
dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik
dimatikan.
Terdapat beberapa jenis RAM yang
beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access
Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin
mainboard komputer, dimana RAM
ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah
tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access
Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan
mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM
adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single
Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang
merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access
Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot
memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory
Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access
Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan
untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184
pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan
hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous
Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan
menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini.
RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM
adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.
f. VGA Card
VGA Card
adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
g. I/O Card
Input /
Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi
menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O
Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk
drive.
h. Sound
Card
Kartu suara (Sound
Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan
suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap
dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap
komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3, yaitu:
- Sound Card Onboard :
sound card yang menempel langsung
pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard : sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata,
sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External : sound card yang penggunaannya
disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
3. Output device ( Unit keluaran )
Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena
keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang
tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Apakah fungsi monitor pada komputer? Sebuah
monitor komputer adalah perangkat keras komputer yang bertugas menampilkan video yang menunjukkan
output dari kontroler grafis (video card) Monitor itu sendiri tidak
menghasilkan gambar secara mandiri untuk ditampilkan.Gambar-gambar ini secara
elektronik dibuat oleh kartu video terbaik yang terinstal di dalam unit sistem
komputer anda.
Resolusi
monitor merujuk pada ukuran gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor
dan diukur dalam pixel, dan 1 pixel adalah satu titik pada layar monitor Anda.
Semakin tinggi resolusinya, makin tajam outputnya. Gambar yang baik
memungkinkan Anda menampilkan elemen lebih kecil pada layar monitor. Resolusi
dinyatakan dalam jumlah piksel, baik dalam arah horisontal dan vertikal seperti
800, X 600, 1024×768, dll
Merek Monitor:
Ada cukup
banyak merek yang tersedia di pasar dengan ukuran yang berbeda dan warna monitor
komputer itu sendiri. Anda mungkin mengenal monitor; Samsung, BenQ, ViewSonic,
LG, Dell, Acer, NEC, Philips, Gateway, dll.
Ukuran Layar Monitor:
Cara mengukur ukuran
monitor adalah dengan mengukur dari ujung ke ujung layar secara diagonal. Layar
monitor yang lebih besar memungkinkan Anda untuk memperluas ukuran teks dan
gambar untuk membuat mereka lebih mudah dibaca, dan jelas.. Namun, semakin
besar ukuran monitor, juga akan lebih mahal.
Berikut ini adalah ukuran monitor khas tersedia: 14 “, 15″, 17 “, 19″, 20 “, 21″, 22 “, 24″.
Jenis-jenis Monitor Komputer :
Ada dua jenis
monitor komputer yang dikenal saat ini yaitu LCD dan CRT.
a.
LCD (Liquid Crystal Display)
LCD / Flat-panel monitor adalah perangkat digital yang menggunakan teknologi
kristal cair backlit untuk menghasilkan gambar pada layar plastik transparan
layar datar. Kelebihan LCD monitor yaitu banyak digemari saat ini untuk
menghemat listrik. Hemat ruang, memiliki kualitas gambar yang lebih tajam, dan
terlihat benar-benar modern.
b.
Monitor Komputer: CRT (Cathode Ray
Tube)
Monitor CRT adalah perangkat analog yang menggunakan
aliran terus-menerus elektron untuk membuat gambar pada layar Itu berarti bahwa
kartu grafis Anda harus mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog
agar gambar pada monitor CRT dapat mengerti.
Perbedaan antara layar CRT dengan LCD:
Kelebihan Monitor LCD
1.
Flat-panel monitor beratnya cukup
ringan dan mengambil tempat yang jauh lebih sedikit dibandingkan CRT.
2.
Gambar pada layar LCD lebih tajam
dan lebih terang dari CRT.
3.
Layar LCD tidak berkedip.
4.
Menggunakan monitor LCD tidak
melelahkan mata.
5.
LCD monitor lebih hemat energi,
sehingga biaya operasi yang lebih rendah.
Kerugian Monitor LCD
1.
Cepat-gambar bergerak pada LCD dapat
menjadi smear.
2.
Harga monitor LCD lebih mahal daripada
CRT pada posisi kualitas yang sebanding.
3.
Gambar monitor LCD hanya menampilkan
hasil resolusi terbaik pada resolusi tertentu, lebih dari itu akan kurang jelas
Kelebihan Monitor CRT
1.
monitor CRT lebih murah.
2.
Warna mendalam dan waktu respon yang
lebih baik, sehingga game, film DVD, dan acara TV mungkin terlihat lebih baik
pada CRT (tapi LCD sudah mulai mengejar).
3.
Sebuah CRT terlihat baik dari semua
sudut pandang dibanding LCD.
4.
CRT akurat dapat menampilkan
beberapa resolusi dan refresh rate.
Kekurangan dari Monitor CRT
1.
CRT monitor menempati banyak ruang
meja dan berat berat.
2.
Fosfor dalam CRT akhirnya aus,
gambar pada monitor yang sudah tiga tahun tidak akan terlihat baik seperti
ketika monitor masih baru.
3.
Monitor CRT mengkonsumsi tiga kali
listrik daripada LCD.
4.
Fokus di sekitar tepi luar gambar
sering kurang tajam daripada di tengah.
5.
Gambar di CRT tidak setajam gambar
yang sama pada LCD dengan resolusi native LCD.
6.
Seiring waktu, sebuah monitor CRT
menjadi kurang tajam dibanding saat masih baru.
7.
Monitor CRT tidak seterang LCD
8.
Monitor CRT menghasilkan radiasi
magnetik dan elektromagnetik serta menghasilkan panas.
Saat ini, sebagian besar produsen monitor
berkonsentrasi untuk memproduksi LCD monitor, bukan monitor CRT. Ini adalah
tren dari konsumen bahwa mereka kebanyakan mencari LCD dan monitor CRT
dipastikan akan usang dalam waktu dekat.
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer
yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar
dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga
macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker
adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara)
dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Storage ( unit penyimpanan)
- Media magnetik
a. Unit Disk Magnetis – disk magnetis
Fasilitas unit disk
tetap (fixed) :
-
dapat menampung
sejumlah disk yang tidak bisa dikeluarkan
-
mempunyai head
baca tulis yang mungkin dilokasikan pada ujung/akhir (end) “arms” atau mungkin
melayani setiap track.
-
Mempunyai motor
yang merotasikan drive tersebut pada kecepatan konstan yang tinggi
b. Unit disket magnetis – disket magnetis (Floppy Disk)
Floppy Disk disebut disket media
penyimpanan pada system mikrokomputer ukuran 8”, 5i/4”, 31/2”
Fasilitas unit Floppy Disk :
a.
unit sigle drive
yang dapat menyangga disk tunggal
b.
setiap disk
dimasukkan ke dalam celah sempit yang ada di depan disk drive yang mempunyai
penutup
c.
head baca tulis
digerakkan maju mundur disepanjang disk guna membaca data pada permukaan disk
d.
dapat berotasi
pada kecepatan sekitar 360 rpm
Fasilitas Floppy Disk
a.
disklentur yang
secara permanan disegel dalam selubung plastik protektif, terlkapisi secara
tipis dan bersifat keras
b.
data disimpan dalam
rack
c.
ukuran yang
umum 8”, 5i/4”, 31/2”
d.
kapasitas
penyimpanan berjangkauan 60.000 – 11/4 juta byte
Fungsi Floppy Disk ;
a.
media untuk
menyimpan software
b.
media untuk
tempat dikumpulkannya dan dimasukkannya data yang akan diteranfer atau diinput
pada system lain
c.
sebagai media
backup untuk harddisk kecil
c. Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD),
Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan
magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia
adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama
piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau
0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute)
dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data
yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan
untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam
perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun
memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya
dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar
perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang
mendukung.
2. Unit Disk Optis – disk optis
Menggunakan
laser untuk menulis atau membaca data
Ada 3 jenis pokok Disk Optis
- CD – ROM (Compact Disk Read Only Memory)
Dapat menyangga sekitar 55 MB data,
kecepatan aksesnya cenderung lamban dari pada disk magnetis. Digunakan untuk
menyediakan pekerjaan referensi, katalog, directory, ensiklopedia, softaware,
deskripsi font, tampilan grafik dan suara.
- WORM (Write Once Read Memory)
Datanya dituliskan ke dalam disk
dengan cara menanamkan pola permanen ke dalam permukaan disk tersebut dengan
menggunakan sinar laser berkecepatan tinggi, bersifat exchangeable (dapat
diubah). Mempunyai permukaan sebear 40.000 track yang masing-masing dibagi
menjadi 25 sektor dan kapasitasnya sekitar 16 MBV. Penggunaan untuk system yang
dirancang untuk mengarsip jumlah data yang besar dan ditempatlan secara
on-line.
- EO (Erasable Optical)
Datanya dituliskan ke dalam disk dengan
cara panas laser menyorot pada permukaan disk yang terbuat dari campuran logam.
Kapasitas sekitar 650 MB.
Software komputer
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh
komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program
atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat
menjalankan suatu perintah
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan
menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free (
Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar merupakan
perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna
yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli
atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan
software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada
penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft
windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat
lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan
tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya
membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk
memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali
membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka
sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya.
Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis,
tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client
dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software lebih mengarah
kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya
adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source)
dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat
digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free
software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan
distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk
mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware.
Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen
dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Software dibagi menjadi 2 , yaitu :
a. Sistem operasi
Macam-macam sistem operasi antara lain :
·
WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan
sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft
Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User
Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.
·
UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh
Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX
didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User.
·
LINUX
Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada
seseorang. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang
diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti :
Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux,
Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.
b.
Program aplikasi
Program alpikasi merupakan software yang digunakan untuk mengolah data.
maaf untuk sebelumnya, karena sumber refrensinya saya lupa maklum tugas lama.
tq gan.
BalasHapussama sama, maksih atas kunjungannya.
Hapus